Kamis, 15 Maret 2012

yang Diperlukan dalam Membuat Game, Program untuk Membuat Game & Jenis Game



Dewasa ini game sudah tidak asing lagi bagi kita. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa memainkannya. Para gamer bahkan betah berjam-jam di depan laptop, komputer maupun gadget lainnya. Karena banyak orang yang menggilai game, sehingga orang-orang berlomba untuk membuat game yang lebih menarik dan lebih canggih. Apa saja yang diperlukan dalam membuat game (tahap-tahap)? Bahasa pemrograman apa saja yang bisa digunakan dalam pembuatan game? Jenis game itu apa saja??
Pada tahun 1944 teori permainan pertama kali dikemukakan oleh sekelompok ahli Matematika,  John von Neumann and Oskar Morgenstern  yang berisi :
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
( J. Von Neumann and O. Morgenstern, Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953))
Tahap-tahap dalam pembuatan game adalah sebagai berikut:
  1.    Tentukan genre game  Tentukan jenis dan ide seperti apa game yang akan kita buat, bagaimana cara memainkannya dan   sasaran game.
  2.  Tentukan tool yang ingin digunakan
    Dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.
  3.  Tentukan gameplay game
    Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus ditentukan. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay.


  4.  Tentukan grafis yang ingin digunakan
    Grafis  dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai kebutuhan game dan sesuai dengan kemampuan, pilih software apa yang ingin digunakan dalam pembuatan gambarnya, pilih yang paling mudah.
  5. Tentukan suara yang ingin digunakanGunakan  suara/audio yang cocok dengan bagian-bagiannya. Kemudian pilih software yang ingin digunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game
  6.     Lakukan perencanaan waktuRencanakan waktu pembuatan game, dengan begitu bisa membuat game sesuai dengan urutan waktu. Perencanaan waktu pembuatan game ini sangat baik untuk dilakukan.
  7. Proses pembuatanTerakhir, lakukan pembuatan game karena semua komponen yang diperlukan sudah disiapkan dari awal.

 Berikut adalah aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk membuat game. Tidak hanya yang mahir yang dapat membuat game, tetapi yang amatir juga dapat membuat game dengan menggunakan aplikasi ini.

  1. Adventure Maker Free EditionAdventure maker dapat membuat game secara point and click dan perangkat lunak multimedia dalam hitungan menit. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk membuat game pada PC, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game untuk PSP, iPhone  dan iPod.  Aplikasi ini juga tidak perlu menggunakan script, tinggal mengimport gambar ke aplikasi dan menghubungkan gambar satu dengan yang lainnya.
  2.   3D Game StudioAplikasi ini cocok digunakan untuk edukasi dan simulasi, mudah digunakan untuk membuat game 2D maupun 3D. Aplikasi ini agak sulit digunakan bila kita belum memahami dasar tentang 3D maupun pembuatan game.
  3. Adventure Game Studio
    Digunakan untuk membuat game petualangan dalam tampilan semi-3D atau grafis. Menggunakan penggabungan IDE untuk mengatur sebagian aspek permainan dengan pemrograman untuk memproses logika permainan.

  4.      Game Maker
    Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang mudah digunakan. Aplikasi ini digunakan untuk membuat game di PC. Tidak diperlukan script, namun untuk membuat game yang lebih kompleks, tentu akan membutuhkan pemrograman, lebih di fokuskan untuk game jenis 2D.
  5. Jump Craft
    Aplikasi ini memungkinkan kita membuat game dengan mengklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Cocok untuk pengguna awam. Ada juga fasilitas untuk pemrograman sedrhana bagi para pemula. 
.       
Sebelum membuat game, pahami terlebih dahulu jenis-jenis game agar bisa menentukan akan membuat game apa nantinya. Berikut jenis-jenis game:

  1. RPG (Role Playing Game)
    sebuah permainan  yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama.  Jenis game ini mengarahkan pada unsur pengembangan karakter. Keberhasilan dalam memainkan game ini ditentukan dari peraturan yang ditentukan dalam bermain.
  2. FPS (First Person Shooting)
    ciri utama dari FPS adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yang dengan tampilan layar yang mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan seolah-olah kita berada di belakang senjata.
  3. Third Person Shooter
    ga jauh beda sama FPS, game jenis ini bertemakan tembak – menembak, bedanya pada TPS sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga.
  4. Strategy
    Game jenis ini memerlukan keahlian berfikir dan memutuskan tindakan yang tepat untuk diambil agar tidak salah langkah. Game ini memberikan kendali kepada sekelompok pemain.Games Strategy dibagi 2:

    a. Real Time Strategy (RTS):
    Pemain dan lawan bergerak secara bersamaan dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil.

    b.
    Turn Based Strategy (TBS): Pengendalian character utama (pemain), berjalan secara bergiliran, disaat pemain mengumpulkan strategi, maka lawan akan menunggu, begitu sebaliknya.

Jenis-jenis Games yang lain :

Simulation
Dibuat mirip dengan keseharian di kehidupan nyata yang memungkinkan pemain bereksperimen dengan genetika, kelangsungan hidup atau ekosistem.

Tycoon
Tycoon merupakan game dimana pemain berperan sebagai pengusaha yang menawarkan barang-barang yang dikembangkan agar laku dipasaran.

Racing
Game ini mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.

Arcade
Arcade game adalah genre game untuk kejar-mengejar point / highscore. Cirri-cirinya memiliki level.

Fighting Game
Fighting adalah genre game pertarungan. Biasanya dimainkan 1 lawan 1 dalam ruang arena yang sempit

Sports
Game yang mengusung tema olahraga.

Referensi:
http://ilhamsk.com/pengantar-teknologi-game/

2 komentar: